ORANG TUA

Yang paling besar jasanya.

Yang paling banyak pemberiannya.

Yang paling peduli terhadap masa depannya.

๐Ÿ‘‰ ORANG TUA.

Tetapi kita sering lupa akan hal itu, bahkan tak menyadarinya.!! 

Bayangkan saja waktu kita masih kanak-kanak.Siapa yang mengurusi kita? Siapa yang memberi makan dan ngasih uang jajan kita? dan Siapa pula yang menyekolahkan kita?

Jawabannya ORANG TUA.

Masa kanakkanak tak lepas dari pengawasan orang tua. Bukan dia tidak memberi kebebasan tapi menjaga. Masa itu juga kita makan, jajan, dan biaya sekolah dari hasil keringat mereka.

Tapi masa-masa itu kita lebih asyik dengan TEMAN. Lebih suka bermain sama mereka.

REMAJA. makin bertambahnya usia makin bartambah pula TEMANNYA. Makin lebih asyik saja bermain dengan mereka, Menganggap teman adalah segalanya. masa itu juga mulai menemukan hal-hal yang baru, kenal dengan lawan jenis, dan makin berani sama ORANG TUA.

parahnya lagi malu dengan status sosial orang tua  yang tak bergengsi.

Tidak berhenti sampai disitu.

DEWASA. yang harusnya menjadi masa panen orangtua terhadap anaknya malah terkadang sebaliknya. ditambah lagi dengan ilmunya yang makin tinggi, tentang HAK. Bukanya mengurus orangtua malah menagih hak kepada orangtuanya, seperti hutang saja. Padahal sejatinya siapa yang banyak hutangnya? Anak kah atau Orangtua???

Yang menjijikan lagi meminta hak waris sebelum tiba waktunya. Naudzubillah…

#

{Renungan}


{ูˆูŽู‚ูŽุถูŽู‰ ุฑูŽุจู‘ููƒูŽ ุฃูŽู„ู‘ูŽุง ุชูŽุนู’ุจูุฏููˆุง ุฅูู„ู‘ูŽุง ุฅููŠู‘ูŽุงู‡ู ูˆูŽุจูุงู„ู’ูˆูŽุงู„ูุฏูŽูŠู’ู†ู ุฅูุญู’ุณูŽุงู†ู‹ุง ุฅูู…ู‘ูŽุง ูŠูŽุจู’ู„ูุบูŽู†ู‘ูŽ ุนูู†ู’ุฏูŽูƒูŽ ุงู„ู’ูƒูุจูŽุฑูŽ ุฃูŽุญูŽุฏูู‡ูู…ูŽุง ุฃูŽูˆู’ ูƒูู„ูŽุงู‡ูู…ูŽุง ููŽู„ูŽุง ุชูŽู‚ูู„ู’ ู„ูŽู‡ูู…ูŽุง ุฃููู‘ู ูˆูŽู„ูŽุง ุชูŽู†ู’ู‡ูŽุฑู’ู‡ูู…ูŽุง ูˆูŽู‚ูู„ู’ ู„ูŽู‡ูู…ูŽุง ู‚ูŽูˆู’ู„ู‹ุง ูƒูŽุฑููŠู…ู‹ุง (23) ูˆูŽุงุฎู’ููุถู’ ู„ูŽู‡ูู…ูŽุง ุฌูŽู†ูŽุงุญูŽ ุงู„ุฐู‘ูู„ู‘ู ู…ูู†ูŽ ุงู„ุฑู‘ูŽุญู’ู…ูŽุฉู ูˆูŽู‚ูู„ู’ ุฑูŽุจู‘ู ุงุฑู’ุญูŽู…ู’ู‡ูู…ูŽุง ูƒูŽู…ูŽุง ุฑูŽุจู‘ูŽูŠูŽุงู†ููŠ ุตูŽุบููŠุฑู‹ุง} [ุงู„ุฅุณุฑุงุก: 23ุŒ 24]


Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya.  Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan “ah” dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia. Dan rendahkanlah dirimu terhadap mereka berdua dengan penuh kesayangan dan ucapkanlah: “Wahai Tuhanku, kasihilah mereka keduanya, sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku waktu kecil” 

{QS. AL-‘ISRA’ 23&24 ;17 }

.

” ุฑูุถูŽุง ุงู„ุฑู‘ูŽุจู‘ู ููŠ ุฑูุถูŽุง ุงู„ูˆุงู„ุฏูŠู†ุŒ ูˆุณุฎุทูู‡ ููŠ ุณุฎุทู‡ู…ุง”

Ridhonya ALLAH SWT ada pada ridhonya kedua orang tua, dan murkanya ALLAH SWT  ada pada murkanya kedua orang tua. [Diriwayatkan oleh Imam Ath Thobrani dalam Al Kabiir dan di Shohihkan oleh Syaikh Al Albani]

Iklan

2 Replies to “ORANG TUA”

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s